Match Result : Persebaya 1927 Lumat Manado United


Menghadapi strategi bertahan Manado United (MU) membuat Persebaya 1927 sedikit kesulitan mencetak gol. Meski pada akhirnya tiga gol tercipta pada pertemuan kedua tim di stadion Gelora 10 Nopember, Minggu (27/3/2011) sore ini, tuan rumah harus puas dengan kemenangan 3-1.

Banyak peluang didapat tuan rumah Persebaya 1927. Tapi hanya satu gol yang tercipta hingga akhir babak pertama. Sementara, Andik Vermansyah dan kawan-kawan unggul atas Manado United (MU) dengan skor tipis 1-0.

Peluang pertama Persebaya lahir di menit kedua melalui Andrew Barisic. Sayang tendangannya masih mampu ditepis kiper MU, Bogey Santoso. Gawang MU akhirnya bergetar di menit keempat. Sayang gol Michael Cvetkovski dianulir karena wasit menganggap Barisic melakukan pelanggaran terhadap Bogey.

Hingga 10 menit babak pertama bergulit, tuan rumah memaksa MU bermain setengah lapangan. Banyak peluang yang didapat anak asuh Aji Santoso. Namun belum ada yang bisa dikonversi menjadi gol.

Dominasi tuan rumah berlanjut hingga menit ke-20 babak pertama. Permainan satu dua sentuhan yang diperagakan Persebaya membuat tim tamu memilih bermain defensif. Peluang untuk tuan rumah sempat terjadi di menit ke-18. Dimana berawal dari umpan satu dua barisic dengan Andik Vermansyah. Sayang sepakan luar kotak Andik masih menyamping di sisi kanan gawang.

Entah karena lelah atau frustasi karena segala peluang tak mampu menjadi gol, permainan Persebaya 1927 mulai menurun di 25 menit akhir babak pertama. Apalagi tim tamu menumpuk lima pemain di belakang. Penurunan tempo tim yang identik dengan warna hijau ini membuat MU sedikit mendapatkan angin. Anak buah M Zein Alhaddad mulai berani melakukan serangan balik.

Peluang kembali didapat tuan rumah di menit ke-34. Sayang tendangan Barisic masih bisa digagalkan kapten MU, Felix Yetna. Setelah itu serangan Persebaya 1927 kembali meredup. Justru MU yang lebih banyak membahayakan pertahanan tuan rumah. Gol yang dinantikan akhirnya lahir di menit ke-45. Tendangan eks pemain Persik, Khusnul Yuli bersarang di pojok kanan bawah gawang Manado. Skor 1-0 pun menutup babak pertama.

Di babak kedua, masih sama seperti babak pertama lalu, Persebaya masih kesulitan membongkar pertahanan MU di awal babak kedua. Bahkan tuan rumah cenderung membiarkan pemain MU untuk menyentuh daerah pertahanannya. Permainan ‘adem ayem’ ini masih berlanjut hingga babak kedua memasuki menit ke-60.

Selain turunnya tempo permainan, anak asuh Aji Santoso juga banyak melakukan kesalahan individual, semisal salah umpan dan mis komunikasi. Bebrapa peluang pun terpaksa terbuang lantaran hal ini. Salah satunya di menit ke-72 saat Taufiq menodorkan bola matang. Sayang antara Andik dan Barisic salah persepsi hingga bola dapat dipeluk kiper.

Untuk memaksimalkan lini tengah, Aji akhirnya memasukkan Jusmadi menggantikan striker I Made Wirahadi. Dengan demikian, posisi Andik didorong sebagai second striker menemani Andrew Barisic. Sedangkan John Tarkpor didapuk sebagai wing kiri. Aji juga memasukkan Mat Halil untuk menggantikan posisi Khusnul Yuli.

Strategi pergantian pemain yang dilakukan Aji akhirnya berbuah gol kedua di menit ke-80. Umpan Mat Halil mampu diselesaikan dengan apik oleh Barisic. Tendangan lambung Barisic berbuah gol ketiga bagi pemain yang baru tiga pekan gabung dengan Persebaya 1927ini

Kemenangan Persebaya 1927 akhirnya ditutup dengan golk Arif Ariyanto di menit ke-88. Mendapat umpan matang Erol Iba, Arif yang lolos jebakan offside mampu mengibuli kiper Manado, Bogey Santoso dan menceploskan bola saat gawang dalam keadaan kosong, 3-0 untuk Persebaya. Gol hiburan Manado lahir di masa injury time lewat Jardel Santana. Skor 3-1 pun menutup laga sore ini.

Sepanjang laga, kepemimpinan wasit Tikonski Todor asal Macedonia kurang tegas. Meski banyak pelanggaran yang harusnya berujung kartu, tapi ia cenderung membiarkan saja tanpa memberikan kartu.

source : beritajatim
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: