John Tarkpor Dipanggil Masuk Timnas Liberia


Kabar menyejukkan kembali berhembus dari gelaran Liga Primer Indonesia (LPI). Pemanggilan beberapa pemain asing yang berkiprah di LPI oleh negaranya masing-masing seakan menjadi pukulan telak bagi PSSI yang seakan ogah-ogahan untuk memanggil para pemain-pemain nasional bertalenta yang berlaga di LPI ke Timnas Garuda.

Seperti yang diketahui, PSSI memblacklist pemain-pemain nasional yang berlaga di LPI agar tidak bisa masuk Timnas Indonesia. Perlakuan diskriminatif ini sebenarnya telah ditentang oleh berbagai kalangan termasuk Menpora Andi Mallarangeng.

Beberapa pemain muda berbakat selayaknya masuk menghuni Timnas U-23 Indonesia saat ini. Andik Vermansyah, Irfan Bachdim, Kim Jeffrey Kurniawan dan beberapa pemain lainnya dinilai sudah memiliki kemampuan yang lebih dari cukup untuk menghuni skuad Garuda Muda.

Namun, PSSI tetap pada arogansinya dengan tidak memanggil nama-nama diatas hanya dikarenakan mereka berlaga di LPI.

Disisi lain, Federasi Sepakbola dari mancanegara justru menaruh repek terhadap LPI dengan memanggil pemain yang dinilai memang mempunyai skill yang cukup untuk berlaga di Timnas mereka.

Setelah kiper Cendrawasih Papua – Denniss Romanovs yang dipanggil oleh LFF (Federasi Sepakbola Latvia) untuk memperkuat negaranya diajang kualifikasi Euro 2012.

Kali ini, salah satu pemain bintang Persebaya 1927 – John Tarkpor Sonkaliey dipanggil Timnas Liberia untuk memperkuat Lone Stars (julukan timnas Liberia) dalam laga melawan Cape Verde diajang Kualifikasi Piala Afrika 2012.

Seperti yang dikatakan oleh Liberiansoccer.com, Presiden Asosiasi Sepakbola Liberia (LFA), Mr Musa Hassan bility telah menyatakan bahwa gelandang Liberia yang saat ini berkarir di Indonesia, John Tarkpor Sonkaliey akan mendampingi Lone Stars dalam perjalanan ke Cape Verde untuk pertandingan ketiga Kualifikasi Piala Eropa.

Kenapa Federasi Sepakbola mancanegara mau mengambil pemain dari Liga Primer Indonesia disaat Federasi Sepakbola dalan Negeri (PSSI) tidak mau mengambil pemain dari liga yang berasal dari negaranya sendiri ?

Pertanyaan besar bagi PSSI.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: