Profil Singkat Pemain : Samsul Arif – Persibo


Dalam satu kesebelasan, biasanya, yang memiliki satus pemain bintang atau marquee player adalah para pemain asing bernilai kontrak besar. Namun, beda dengan  Samsul Arif . Penyerang lokal kelahiran 14 Januari 1986 ini mampu masuk jajaran elite itu.

Kiprah Samsul Arif  di Liga Primer Indonesia (LPI) tampak mulai menorehkan tinta emas. Hingga pekan ke-10, namanya sudah masuk jajaran top skor, dengan raihan empat gol.

Bahkan gol yang ia lesakkan ke gawang Bintang Medan FC, Minggu (13/3) malam, membuat Persibo menang lagi di kandang sendiri, Stadion H. Sudirman, Bojonegoro.  Itu sekaligus menjadi kado manis bagi HUT Persibo, yang berdiri pada 12 Maret 1949.

”Kami bangga dengan kemenangan, dan gol Samsul Arif itu. Itu hadiah untuk HUT Persibo yang ke-62,” ujar CEO Persibo, Ferry Kodrat, usai pertandingan.

Dalam jajaran top skor LPI hingga pekan ke-10, Samsul Arif  kini sejajar dengan nama-nama pemain bintang asing, seperti Stevan Racic (Solo FC), Abdelhadi Lakkad (Medan Chiefs), Perry N. Somah (Bandung FC), Jardel Santana da Silva (Manado United), dan Strecko Mitrovich (PSM), serta pemain lokal Andik Vermansyah (Persebaya 1927). Kompetisi LPI yang masih panjang akan membuka peluang Samsul Arif  untuk menambah pundi-pundi golnya.

Untuk kategori Most Valuable Player (MVP) pada pertandingan LPI tiap pekan, nama Samsul Arif  memang belum masuk daftar. Satu-satunya pemain Persibo yang masuk daftar adalah kiper Wahyudi. Namun, sekali lagi, striker yang mengidolakan Del Piero (Juventus, Italia) dan Lionel Messi (Barcelona, Argentina) ini masih punya banyak peluang pada pertandingan-pertandingan berikut.

Samsul Arif memiliki julukan The Golden Boy, alias anak emas, karena prestasinya yang mengagumkan sejak membela Persibo, 2006. Setelah mengikuti kompetisi Divisi 1 PSSI, Samsul Arif  bersama Laskar  Angling Dharma berhasil menjuarai Divisi 1, setahun kemudian. Tahun berikutnya,  Samsul dengan Persibo menjadi juara Divisi Utama. Sejak itu, banyak klub besar Divisi Utama PSSI mengincarnya.

Pada 2009, Samsul Arif sempat bergabung dengan Persela, Lamongan, yang tampil di  Liga Super Indonesia (LSI). Cuma betah semusim, pria yang berasal dari Desa Mojodelik, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro,  ini kembali bergabung dengan kesebelasan tanah kelahirannya, Persibo.

Puncak kariernya bersama Persibo era Divisi Utama adalah ketika berhasil meraih gelar Bintang Emas Copa Indonesia 2008/2009 kategori Best Striker dengan torehan delapan gol.

Pada kejuaraan itu, Samsul Arif  berhasil menyisihkan penyerang andalan kesebelasan lain. Sebut saja penyerang tim nasional Boaz Solossa (Persipura), Anoure Richard Obiora (Sriwijaya FC), Pablo Frances (Persijap), dan Alberto Gonzalves (Persipura).

Samsul Arif  juga sempat menjadi skuad Timnas U-21 (2005-2006), dan Timnas U-23 (2006-2008). Saat menjadi pemain Timnas U-23, Samsul Arif sempat mengikuti kejuaraan Piala Kemerdekaan pada 2008.

Marquee Player

Akhir 2010, manajemen klub Persibo memutuskan mundur dari LSI, dan memilih bergabung dengan LPI. Samsul Arif kembali jadi rebutan klub-klub besar, dan ditawari dengan nilai kontrak yang tinggi. Namun, ia memutuskan untuk tetap membela Persibo.

Tanpa ragu, Samsul Arif memilih untuk ikut berkontribusi di kompetisi LPI yang bermotto  Change The Game, dan menjunjung tinggi fair play tersebut.

Kali ini, Samsul Arif  berstatus Marquee Player alias pemain bintang. Nilai kontraknya juga cukup menggiurkan: Rp 2,5 miliar untuk tiga musim. Berarti, pria asli Bojonegoro menerima sekitar Rp 830 juta per musim. Suatu jumlah yang terbilang besar bagi pemain lokal.

“Kami dari manajemen Persibo bangga bisa merekrut pemain berkualitas seperti Samsul Arif. Ia layak menjadi pemain bintang, karena kualitas permainannya selama ini,” ujar Ferry Kodrat, CEO Persibo.

Setelah laga pekan ke-10 LPI, perlahan tapi pasti, Samsul Arif makin menunjukkan kebintangannya di lapangan hijau. Terutama ketika membela Persibo di kandang. Sebab, dari empat gol yang sudah ia lesakkan, tiga  diciptakan di kandang. Satu lagi pada pertandingan tandang. Ayo, Samsul!

Biodata Singkat Samsul Arif (wikipedia) :

source : ligaprimer.co.id, wikipedia
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: