PSM Makassar Mulai Temukan Karakter Bermain


Pengamat sepak bola Yopie Lumoindong mengatakan, kemenangan PSM 2-1 atas Medan Chiefs, Sabtu malam kemarin, sebagai pertanda tim Juku Eja telah menemukan kembali karakternya yang selama ini hilang. “Saya melihatnya seperti itu. Dengan tempo permainan yang cepat dan terus menyerang,” kata Yopie (13/3).

Dengan begitu, kata dia, PSM terus bangkit untuk bersinar. Selain materi yang diajarkan pelatih Wilhemus Gerardus Rijsbergen telah dilahap dengan baik oleh Andi Oddang dan kawan-kawannya, juga dianggapnya sudah terjalin saling kenal karakter permainan satu sama lain antar para pemain.

Namun, kata Yopie, daya pendobrak itu yang kelihatannya masih minim. Pada lini serangan terkadang sudah nyaris sempurna. Namun karena penyelesaian akhir yang belum mampu diperankan dengan maksimal oleh striker Andi Oddang. “Tetapi itu cukup dipahami karena terjadinya krisis striker tersebut,” ujar Yopie.

Pengamat lainnya, Sumirlan menjelaskan, PSM butuh bomber seperti mantan pemainnya Aldo Baretto (sekarang memperkuat Persisam Samarinda di Kompetisi Liga Super Indonesia). Apabila sudah ada pemain yang mempunyai daya dobrak seperti Aldo, Sumirlan yakin, karakter PSM cepat dan keras itu akan semakin memuluskan langkah tim ini untuk menjuarai kompetisi Liga Primer. “Saya optimis PSM akan menjuarai kompetisi ini,” katanya.

Mantan pemain PSM era 60-an, Anwar mengatakan, meskipun PSM dianggap telah menemukan karakternya yang dulu hilang, tetapi masih saja butuh penyempurnaan. Latihan yang rutin dianggapnya akan semakin mempertajam karakter PSM yang selama ini dikenal oleh para penggemar.

Dengan sempat kebobolan bola satu gol oleh pemain Medan Chiefs Sabtu malam kemarin, menandakan  PSM masih butuh pembenahan yang lebih maksimal. “Selain striker, di bek kiri itu saya lihat mesti dibenahi secepatnya,” saran putra Ramang, mantan pemain legendaris PSM ini.

Sumirlan menganggap, selain karena faktor kekuatan tim yang sudah bersinergi dengan baik, juga karena faktor kondisi udara malam yang dianggap cocok untuk PSM. Karena memang selama ini, PSM selalu kalah pada pertandingan siang, stamina para pemainnya cepat turun.

Sumirlan meminta para pendukung PSM, terlebih masyarakat Makassar, untuk memeriahkan setiap laga kandang tim Juku Eja. “Hilangkan pikiran Liga Super maupun Liga Primer. Yang patut kita dukung sekarang ini adalah PSM-nya,”kata Sumirlan.

Manajer PSM, Husein Abdullah juga menyadari akan hal itu. Makanya dalam pertandingan mendatang di kandang PSM, jadwal pertandingan selalu digelar malam.

source : tempointeraktif
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: