Profil Singkat José Horacio Basualdo – Pelatih Real Mataram


Pelatih kepala (head coach) Real Mataram FC (RMFC) merupakan mantan pemain
tim nasional Argentina pada Piala Dunai 1990 dan 1994. Dia bermain di timnas Argentiana pada periode tahun 1989 – 1995 sebanyak 31 caps.

Posisinya sebagai pemain gelandang (midfielder) Klub yang pernah dibelanya antara lain Vélez Sársfield dan Boca Juniors, kesebelasan papan atas di Argentina.

Pemain kelahiran Campana, Buenos Aires pada tanggal 20 Juni 1963 tersebut, setelah pensiun menjadi pemain kemudian merintis karir menjadi pelatih. Klub sepak bola di Amerika Latin yang pernah dilatihnya antara lain Universitario de Deportes, Cienciano, Deportivo Quito, El Porvenir, Santiago Morning dan Universidad de Santiago.

Saat ini menjadi pelatih kepala RMFC Jogjakarta untuk berlaga di ajang kompetisi Liga Primer Indonesia tahun 2011.Pelatih yang biasa dipanggil Pepe tersebut, dalam permainan menerapkan pola 3-4-1-2 yang agresif. Untuk The Reds Army dia juga menggunakan pola tersebut, baik dalam laga kandang maupun laga tandang.

Pepe sangat disiplin dan tidak pandang bulu dalam melatih. Siapapun yang terlambat, dikenakan hukuman termasuk kepada asisten pelatihnya.

Menerapkan sentuhan-sentuhan pendek dan cepat. Dengan strategi tersebut diharapkan lawan menjadi cepat lelah dan kemudian pemainnya dapat mengendalikan permainan. Dengan pola tersebut, dibutuhkan pemain yang mempunyai kemampuan fisik & teknik yang tinggi.

Pepe juga menanamkan mental siap bertanding dan bertarung kepada setiap pemainnya. Selanjutnya Pepe juga berharap pemainnya jujur, jika merasa tidak siap bertanding karena faktor fisik dan mental harus disampaikan kepadanya.

Pelatih Basualdo dalam menangani RMFC dibantu oleh Christian Armendaris (Argentina) yang menjadi asisten pelatih sekaligus sebagai penerjemah. Sedangkan asisten pelatih lain yang mendampinginya adalah Joko Irianto dan Mudiyanto.

Untuk asisten pelatih Kiper adalah Susanto, sedangkan pelatih fisik Ricardo Zapata (Argentina).Pola yang diterapkan untuk RMFC adalah permainan yang efektif, yaitu menerapkan sentuhan-sentuhan pendek dan cepat.

Dengan strategi tersebut diharapkan lawan menjadi cepat lelah dan kemudian pemainnya dapat mengendalikan permainan. Dengan pola tersebut, dibutuhkan pemain yang mempunyai kemampuan fisik & teknik yang tinggi. Pepe juga menanamkan mental siap bertanding dan bertarung kepada setiap pemainnya.

Selanjutnya Pepe juga berharap pemainnya jujur, jika merasa tidak siap bertanding karena faktor fisik dan mental harus disampaikan kepadanya. Pelatih Basualdo dalam menangani RMFC dibantu oleh Christian Armendaris (Argentina) yang menjadi asisten pelatih sekaligus sebagai penerjemah.

Sedangkan asisten pelatih lain yang mendampinginya adalah Joko Irianto dan Mudiyanto. Untuk asisten pelatih Kiper adalah Susanto, sedangkan pelatih fisik Ricardo Zapata (Argentina).

source : realmataramblog, wikipedia
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: