Besoes: Pemain Asing di LPI Cuma Kuli Cangkul ( Serius ? )


Sekretaris Jenderal PSSI, Nugraha Besoes, mengecam pemain-pemain asing di Liga Primer Indonesia (LPI) yang datang ke negara ini tanpa melalui aturan yang jelas. Menurutnya, pemain-pemain itu tak jelas asal-usulnya dan bisa jadi, mereka hanya merupakan kuli cangkul di negara mereka masing-masing.

Sejatinya, menurut Besoes, pemain asing yang akan bermain di Indonesia harus melalui aturan-aturan PSSI. Mereka juga harus diseleksi dan minta izin ke PSSI. Namun, hal ini tak dilakukan oleh para pemain asing di LPI.

“LPI ini entah bagaimana caranya, memangil pemain, lalu dikumpulkan kayak tenaga kerja asing dan tidak minta izin FIFA. Mereka ini entah dari sarang apa datangnya, tiba-tiba dikumpulkan, lalu main, dan mereka kemudian meminta izin ke Imigrasi dan Depnaker. Ini bahaya,” ujar Besoes di kantor PSSI kepada sejumlah wartawan, Senin (14/2/2011) sore.

“Bisa saja mereka itu kuli cangkul di negaranya, kan bisa. Karena, mereka itu tidak melewati tahapan seleksi FIFA. Lalu siapa yang melakukan seleksi. Mana kita tahu kan,” lanjut pria yang kerap disapa Kang Nug tersebut.

Besoes menambahkan, PSSI sudah mengambil tindakan tegas untuk mengatasi masalah ini. Mereka sudah melapor kepada pihak Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk segera mendeportasi pemain-pemain asing tersebut.

“Pokoknya, kita sudah kasih daftar pemainnya kepada mereka (Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM) dan jumlahnya ada sekitar 60 nama. Dan kita lihat sudah ada action awal dari mereka,” tuntas Besoes.

Namun, seperti diberitakan sebelumnya, Menkumham masih menolak untuk bertindak semena-mena kepada pemain asing di LPI dengan cara mendeportasi mereka.

Dan juga, predikat “kuli cangkul” yang disematkan oleh seorang Sekretaris Jendral PSSI bagi para pemain LPI nampaknya harus dikoreksi.

Dimana seperti kita ketahui, cukup banyak pemain yang punya nama besar seperti Richard Knopper, Amaral, Amancio Fortes, Emanuel de Porras dan bahkan sampai pemain sekelas Lee Hendrie yang sudah malang melintang di Premier League Inggris ikut meramaikan jalannya LPI musim ini. Jadi, pantaskah pemain-pemain diatas disebut “kuli cangkul” ?

Nampaknya Nugraha harus berhati-hati dalam mengeluarkan statementnya, perkataan tersebut jelas-jelas tidak mencerminkan pribadinya sebagai orang yang menjabat sebagai Sekjen PSSI. Lalu, bagaimana nasib para pemain asing LPI ? Baca statement Menkumham disini.

source : kompas
Iklan

Satu Tanggapan

  1. ni sekjen dari zaman batu sampe zaman komputer masih aja ngeselin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: